Sabtu, 26 Oktober 2013

Mendatangkan Keajaiban Ke Dalam Hidup Anda

     Siapa pun kita, dimana pun kita berada, apa pun situasi kita saat ini, keajaiban syukur akan mengubah hidup kita !

Saya telah meneruma surat dari ribuan orang yang berada dalam situasi terburuk yang bisa kita bayangkan yang elah mengubah hidup mereka dengan mempraktikkan syukur. Saya telah melihat mukjizat kesehatan di dalam situasi yang sepertinya tak ada harapan. Saya telah melihat pernikahan terselamatkan, dan relasi yang rusak berubah menjadi relasi yang luar biasa. Saya telah melihat mereka yang benar-benar miskin menjadi makmur, dan saya telah melihat orang-orang depresi melompat ke dalam hidup penuh kegembiraan dan memuaskan.

Syukur dapat dengan ajaib mengubah relasi anda menjadi menyenangkan dan penuh makna, terlepas dari apapu keadaannya saat ini, syukur dapat dengan ajaib membuat anda lebih makmur sehingga anda mempunyai uang yang diperlukan untuk melakukan hal-hal yang ingin anda lakukan. Syukur akan meningkatkan kesehatab dan kebahagiaan ke level yang lebih tinggi daripada yang pernah anda rasakan sebelumnya. Syukur akan menyentuhkan keajaibannya untuk mempererat karie, meningkatkan sukses, dan mendatangkan pekerjaan impian anda atau apapun yang anda lakukan. Bahkan, apapun yang ingin kita lakukan, atau miliki, syukur adalah jalan untuk menerimanya. Daya ajaib dari syukur mengubah hidup anda menjadi emas!

Ketika mempraktikan syukur, anda akan mengerti mengapa hal-hal tertentu didalam hidup anda tidak berjalan sesuai harapan anda, dan mengapa hal-hal tertentu tidak ada dalam hidup anda. Ketika anda menjadikan syukur sebagai cara hidup, setiap pagi anda akan bangun dengan sangat gembira karena masih hidup. Anda akan mendapati diri anda jatuh cinta pada hidup. Segala sesuatu akan tampak mudah. Anda akan merasakan seringan bulu dan lebih bahagia dibandingkan yang pernah anda rasakan sebelumnya. Ketika tantangan datang, anda akan tahu cara mengatasi dan belajar darinya. Setiap hari akan terasa ajaib; setiap hari akan dipenuhi jauh lebih banyak keajaiban dibandingkan ketika anda masih kanak-kanak.

Dikutip dari:
Buku "THE MAGIC"
by Rhonda Byrne
Copyright 2012 by Making Good LLC. THE SECRET and The Secret Logo
are registered trademarks of TS Production Limited Liabillity Company,
acting through it's registered branch, TS Ltd., Luxembourg Branch.


Anda Percaya Pada Keajaiban ?


    "Mereka yang tidak percaya pada keajaiban, tidak akan pernah menemukannya"
                                                                                 ROALD DAHL (1916-1990)
                                                                                                           PENULIS

     Ingatkah anda ketika anda masih kecil dan memandang hidup dengan terheran-heran dan takjub? Hidup sungguh ajaib dan menggembirakan, dan hal-hal terkecil sekalipun membuat anda luar biasa gembira. Anda takjub melihat embun di rumput, kupu-kupu terbang diudara, atau setiap daun atau batu yang aneh di tanah.
       Anda sangat gembira ketika gigi anda tanggal karena itu berarti peri gigi akan datang nanti malam, dan anda juga tak sabar menunggu malam Natal yang ajaib! meski anda tidak mengerti bagaimana sinterklas bisa mendatangi semua anak di dunia pada suatu malam yang sama, yang jelas ia berhasil melakukannya, dan ia tidak pernah membuat anda kecewa. Rusa bisa terbang, ada peri-peri kecil di kebun, hewan-hewan peliharaan seolah-olah manusia, mainan seolah hidup, impuan menjadi kenyataan, dan anda bisa menyentuh bintang-bintang. Hati anda penuh kegembiraan, imajinasi anda tidak mengenal batas, dan anda percaya bahwa hidup adalah keajaiban!

Ada semacam perasaan yang sangat indah yang kita miliki ketika kita masih kanak-kanak, yaitu perasaan bahwa segala sesuatu itu baik, bahwa setiap hari menjanjikan lebih banyak kegembiraan dan petualangan, dan bahwa tidak ada yang mencegah kita untuk merasakan kegembiraan atas keajaiban semua yang ada. Tetapi, ketika kita tumbuh dewasa, tanggung jawab, masalah dan kesulitan membuat kita tak bahagia, kita jadi kecewa, dan keajaiban yang dulu kita percayai memudar dan menghilang. Ini salah satu sebab mengapa sebagai orang dewasa kita senang berada di dekat anak-anak, agar kita dapat mengalami perasaan yang pernah kita miliki, bahkan jika hanya sesaat.

Melalui buku ini saya ingin Anda tahu bahwa keajaiban yang dulu pernah anda percayai memang benar, dan sudut pandang orang dewasa yang kecewa yang keliru. Keajaiban hidup memang nyata - dan itu senyata diri anda. Malah sebenarnya hidup bisa lebih jauh ajaib dibandingkan yang pernah anda bayangkan ketika anda masih kecil, lebih menakjubkan, lebih mempesona, dan lebih menggembirakan dari pada segala sesuatu yang pernah anda lihat. Ketika anda tahu apa yang perlu dilakukan untuk mendatangkan keajaiban, anda akan menjalani hidup impian anda. Lalu, anda heran mengapa anda pernah tidak mempercayai lagi keajaiban hidup.

Mungkin anda tidak akan melihat rusa terbang, tetapi anda akan melihat hal-hal selama ini selalu anda inginkan muncul di depan mata anda, dan anda akan melihat hal-hal yang telah lama anda impikan tiba-titiba terjadi. Anda tidak akan pernah tahu dengan pasti bagaimana segala sesuatunya merajut bersama untuk mewujudkan impian anda, karena keajaiban bekerja di dalam realisme yang tidak kasat mata dan itulah bagian yang paling mendebarkan!

Siapkah anda mengalami keajaiban lagi? siapkah anda dipenuhi dengan kekaguman dan rasa takjub, setiap hari, seperti ketika anda masih kecil? bersiaplah untuk keajaiban!

Petualangan kita dimulai dua ribu tahun lalu, ketika pengetahuan yang merubah hidup tersembunyi di dalam sebuah kalimat suci...

Dikutip dari:
Buku "THE MAGIC"
by Rhonda Byrne
Copyright 2012 by Making Good LLC. THE SECRET and The Secret Logo
are registered trademarks of TS Production Limited Liabillity Company,
acting through it's registered branch, TS Ltd., Luxembourg Branch.

Deep Purple - Soldier Of Fortune Lyrics

I have often told you stories
About the way
I lived the life of a drifter
Waiting for the day
When I’d take your hand
And sing you songs
Then maybe you would say
Come lay with me love me
And I would surely stay

But I feel I’m growing older
And the songs that I have sung
Echo in the distance
Like the sound
Of a windmill goin’ ’round
I guess I’ll always be
A soldier of fortune

Many times I’ve been a traveller
I looked for something new
In days of old
When nights were cold
I wandered without you
But those days I thougt my eyes
Had seen you standing near
Though blindness is confusing
It shows that you’re not here

Now I feel I’m growing older
And the songs that I have sung
Echo in the distance
Like the sound
Of a windmill goin’ ’round
I guess I’ll always be
A soldier of fortune
Yes, I can hear the sound
Of a windmill goin’ ’round
I guess I’ll always be
A soldier of fortune


Sumber: soldier of fortune lyrics

Sejarah Band Sepultura

Sejarah Band SEPULTURA
                                           sumber gbr: Sepultura
 

                                         
Ikon itu bernama “SEPULTURA”
Brasil di pertengahan tahun 1984, setelah hampir 20 tahun negara itu dipimpin oleh diktator militer. Musik rock masih dianggap tabu oleh sebagian orang-orang yang duduk di pemerintahan. Apalagi musik yang dimainkan jenis heavy metal dan punk, sangat-sangat tidak bisa diterima oleh pemerintahan Brasil saat itu. Memainkan musik heavy metal dan punk sudah dianggap tindakan subversif. Dari kawasan kumuh Belo Horizonte, kota terbesar ketiga di Brazil, Max Cavalera(vokal/guitar), Igor Cavalera (drum) , Paulo jr. (bass) dan Jairo t (lead guitar), mencoba mendobrak aturan-aturan primitif itu. Dengan peralatan seadanya mereka memainkan lagu-lagunya Iron Maiden, Metallica, dan Slayer. Kebetulan Max cuma punya tiga album dari Iron Maiden, Metallica, dan Slayer. Itu pun dibelinya saat ia berkunjung ke Sao Paulo.
Selang beberapa waktu kemudian, setelah mencoba mengadaptasi berbagai jenis sound. mereka akhirnya memutuskan untuk memainkan sound death metal. Kebetulan saat itu band-band death metal seperti Possessed dan Death sedang naik daun. “Sepultura”, nama itulah yang akhirnya mereka pakai. Sepultura dalam bahasa portugis artinya “kuburan”.
The Most Successful Brazilian Heavy Metal Band
No pain no gain, itu semboyan mereka dalam bermusik. saat itu mereka sudah membuat lirik untuk musik mereka dalam bahasa Inggris. Dan lucunya, mereka masih belum tahu bagaimana memainkan alat-alat instrument band dengan benar. Maklum, saat itu usia mereka baru belasan. Namanya juga darah muda, keinginan untuk maju besar sekali dan skill mereka pun makin terasah. Konser-konser di panggung lokal mereka jalankan untuk mengasah mental dan pengetahuan akan karakter sound. Sampai akhirnya Sepultura sudah disejajarkan dengan band-band underground di Brasil saat itu. Dan kesempatan untuk punya album sendiri pun datang, setelah mereka ditawari untuk rekaman oleh perusahaan rekaman indie Cogumelo Records. Nama Sepultura semakin bergaung seiring dengan dikeluarkanya album split LP dengan band Overdose. Mereka merekam 4 lagu di album tersebut. Tidak disangka album itu pun direspon sangat baik oleh pecinta musik metal di Brasil. Tahun 1985 akhirnya Sepultura merekam ulang lagu itu. Album yang direkam hanya dalam waktu 2 hari itu diberi titel “Bestial Devastation”.
Setelah wara-wiri di panggung musik lokal, pada tahun 1986 mereka masuk studio lagi untuk merekam album baru. Dengan waktu dan uang yang cekak, album itupun akhirnya kelar. Bulan Agustus 1986 album “Morbid Visions” dirilis. Morbid Vision menjadi tonggak awal keberhasilan Sepultura. Album itu mendapat pujian dari kritikus musik dan dari pecinta musik metal di Brasil. Untuk membuat karir bermusik lebih maju mereka akhirnya memutuskan untuk pindah ke Sao Paulo. Saat itu gitaris Jairo T. keluar dari Sepultura digantikan oleh Andreas Kisser, seorang gitaris asal Sao Paulo yang mempunyai kemampuan skill yang bagus. Andreas Kisser-lah yang membawa Sepultura ke level bermusik yang lebih berat.
1987 album “Schizophrenia” di rilis. Tapi karena kurangnya promosi, album ini pun tidak begitu mendapat respon dari kritikus dan pecinta metal. Di tahun yang sama, Sepultura memutuskan kontrak dengan Cogumelo Records, merasa albumnya perlu untuk mendunia, Sepultura melakukan lompatan besar dengan membuat deal kontrak dengan Roadrunner Records. Tahun 1989, album “Beneath the Remains” dirilis. Album ini ditangani oleh ahlinya sound metal, Scott Burns. “Beneath the Remains” membawa Sepultura ke level yang lebih tinggi. Mereka pun melakukan tour konser keliling Eropa dan Amerika. Dengan penampilan panggung yang garang membuat mereka menjadi salah satu band metal paling berpengaruh di tahun awal 90an. Lagu “Inner Self” dari album “Beneath the Remains” menjadi video klip pertama Sepultura. Sepultura mengakhiri tour panjang mereka ditanah kelahirannya dan mereka disambut bak pahlawan.
Setelah mendapatkan manajemen baru, Sepultura memutuskan untuk pindah ke Phoenix, Arizona. Tahun 1991 album “Arise” dirilis. Dengan hit single “Dead Embryonic Cells” . album “Arise” direkam di Morrisound Studios, masih dengan Scott Burns sebagai produsernya. Klip “Dead Embryonic Cells” diputar di MTV Amerika dan mendapatkan respon yang baik. Album “Arise” meledak di seluruh dunia, penghargaan platinum menjadi milik mereka seiring dengan dilakukan tour keliling dunia. Saat tour dunia inilah Max menikah dengan Gloria Bujnowski, cewek ini adalah manager band Sepultura. Dan yang gilanya lagi, umurnya si Gloria ini 2 kali lebih tua dari Max. Namanya juga cinta, apa aja juga diterkam.
Setelah sukses album “Arise”, pihak label Roadrunner melakukan negoisasi dengan Epic Records, menjadi rekanan untuk distribusi album-album Sepultura berikutnya. Tahun 1993, album “Chaos A.D.” dirilis, mengangkat tema isu-isu sosial yang sedang berkecamuk di Brasil, lagu “Territory” dan “Refuse/Resist” menjadi hit single di album ini. Dengan musik yang lebih berat dan sedikit terinfluence dengan punk dan hardcore, menjadikan album “Chaos A.D.” sebagai sukses kedua mereka di blantika musik metal.
Sebelum memulai project yang lebih ambisius lagi, mereka memutuskan untuk rehat dalam beberapa bulan setelah melakukan tour panjang keliling dunia. Tahun 1996, album “Roots” dirilis. Di album ini, mereka masih mengangkat lirik dengan tema-tema sosial politik. mereka mulai mencari bentuk-bentuk kreativitas yang baru dalam mengolah sound. di album ini mereka mulai bereksperimen dengan memasukkan instrument-instrument musik lokal brasil. Instrument perkusi yang cukup dominan di album “Roots” menjadikan album ini cukup unik. Dengan stem-an guitars yang down-tuned, membuat karakater sound di album “Roots” menjadi lebih berat. Album “Roots” menjadikan Sepultura di puncak popularitas.
Di saat popularitas mereka yang semakin tinggi, dengan jutaan fans yang tersebar di seluruh dunia, tidak bisa membuat hubungan antar personel Sepultura menjadi kian solid. Di antara mereka sudah terjadi perbedaan-perbedaan visi dalam bermusik. Dan puncaknya adalah ketika mereka akan tampil di Monsters of Rock Festival di London, Inggris. Beberapa jam sebelum tampil, mereka mendapat kabar bahwa putra dari Gloria Bujnowski meninggal karena mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan. Sepultura pun tampil bertiga di acara itu karena Max dan Gloria segera pulang ke Amerika. Selang beberapa bulan kemudian anggota band memaksa Max untuk mencari manajemen baru. Penyembuhan trauma pasca kematian putra dari Gloria membuat jadwal tour mereka jadi terbengkalai. Merasa anggota band tidak berempati atas kejadian itu, membuat Max marah dan murka. Akhirnya Max memutuskan untuk keluar dari Sepultura. Max merasa dikhianati. Fans Sepultura di seluruh dunia kecewa dengan kejadian itu, dan mereka meminta Sepultura dibubarkan saja. Karena mereka menggangap Max adalah rohnya Sepultura. Sepultura tanpa Max, bukan Sepultura…
Babak baru bermusik Max pun dimulai. Max mulai membuat proyek-proyek kecil untuk menyalurkan kekecewaannya. “Nailbomb” adalah proyek Max setelah keluar dari Sepultura. Tampilan visual cover album “Nailbomb” cukup menarik perhatian, dengan visualisasi wanita tua Vietnam yang ditodong senjata AK-47. Album ini diberi titel “Point Blank”. Tapi album ini tidak begitu meledak dipasaran. 


SUMBER:

Kamis, 24 Oktober 2013

Tugas 5 Perilaku Konsumen#

NAMA : Echa Saefulloh H
NPM : 12211305
KELAS : 3EA26

Membuat Animasi
Tentang Pendapat Para Ahli

 
                               Sumber Gbr: Despicable Me Minion and Philip Kotler





Sabtu, 12 Oktober 2013

TUGAS 3 PERILAKU KONSUMEN#


NAMA : ECHA SAEFULLOH H
NPM: 12211305
KELAS: 3EA26


Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen

Proses pengambilan keputusan diawali dengan adanya kebutuhan yang berusaha untuk dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini terkait dengan beberapa alternatif sehingga perlu dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperoleh alternatif terbaik dari persepsi konsumen. Di dalam proses membandingkan ini konsumen memerlukan informasi yang jumlah dan tingkat kepentingannya tergantung dari kebutuhan konsumen serta situasi yang dihadapinya.
Ada empat jenis pengambilan keputusan oleh konsumen yang tegantung pada bagaimana ‘telibatnya’ konsumen dengan produk dan rumitnya proses pembuatan keputusan.
-          Produk dengan tingkat keterlibatan tinggi:
Pembelian produk ini menawarkan unsure risiko kepada konsumen seperti risiko keuangan, sosial dan psikologis. Konsumen meluangkan waktu dan usaha untuk mengewaluasi produk yang beragam sebelum memilih yang paling sesuai untuknya: merek sangatlah penting. Kebanyakan produk pariwisata merupakan produk dengan tingkat keterlibatan tinggi.
  •  Produk dengan tingkat keterllibatan rendah:

Konsumen tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengevaluasi produk atau merek dengan tingkat keterlibatan rendah yang beragam. Risikonya sangat kecil dan keputusan membeli biasanya berdasarkan kenyamanan dan tersedianya produk merek tersebut.
  •  Pembuat keputusan yang rumit:

Proses pembuatan keputusan diawali dengan timbulnya kebutuhan → proses informasi → evaluasi produk atau merek → pembelian → evaluasi pasca pembelian → kembali kepada timbulnya kebutuhan ( Francois Vellas Dan Lionel Becherel) proses pembuatan keputusan yang rumit ( disadur dari Assael, 1987).  Hal ini mungkin berasal dari perangkat psikologis konsumen seperti sikap, keinginan, dan kepribadian, dari gaya hidup konsumen dan pengaruh kawan serta stimulasi eksternal seperti iklan dan kebutuhan ekonomi.
Apabila minat konsumen telah di timbulkan, ia akan mencari dan memproses informasi mengenai produk yang diinginkan. Ini merupakan proses selektif karena konsumen akan cenderung memilih informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keyakinan. Konsumen akan memilih dan membeli produk dari suatu merek berdasarkan evaluasi informasi tersebut. produk dari suatu merek berdasarkan evaluasi informasi tersebut. oproduk dengan tingkat keterlibatan tinggi dievaluasi dengan teliti. Jelas bahwa pelaku pemasaran harus berusaha memahami apa yang membuat konsumen memilih suatu merek.
           
Pembelian bukan akhir dari suatu proses. Apabila produk telah digunakan atau jasa telah dirasakan, timbul evaluasi pasca pembelian. Konsumen menilai apakah pilihan produknya tepat dan ini akan mempengaruhu apa yang akan dibelinya masa depan.

  •  Faktor lingkungan yang mempengaruhi pilihan konsumen:

Konsumen mempunyai sikap yang mempengaruhi cara mereka berperilaku dan menentukan sebuah produk. William (1995) menjelaskan bahwa sikap terdiri atas ketiga komponen:
1.      Komponen kognitif atau pengetahuan, yang mengacu pada kepercayaan atau ketidak percayaan
2.      Komponen afektif ata komponen emosional, yang mewuhudkan perasaan positif dan negative
3.      Komponen konatif atau tren perilaku, yang mewujudkan tren berperilaku dalam cara tertentu. Ini tidak berarti ada perilaku tertentu yang akan timbul tetapi tindakan tertentu mungkin timbul apabila ada peluang. Karena itu sikap mengatur seseorang terlebih dahulu untuk bertindak dengan cara tertentu terhadap seseorang atau suatu benda

MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN

a.          Model Perilaku Pengambilan keputusan
-          Model Ekonomi yang dikemukakan oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau untuk memperoleh keuntungan maksimum.
-          Model Manusia Administrasi Dikemukan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan.
-          Model Manusia Mobicentrik Dikemukakan oleh Jennings, dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga orang harus selalu bergerak bebas mengambil keputusan.
-          Model Manusia Organisasi Dikemukakan oleh W.F. Whyte, model ini lebih mengedepankan sifat setia dan penuh kerjasama dalam pengambilan keputusan.
-          Model Pengusaha Baru Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif.
-          Model Sosial Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang sering tidak rasional dalam mengambil keputusan diliputi perasaan emosi dan situsai dibawah sadar.

b.         Model Preskriptif dan Deskriptif
Fisher mengemukakan bahwa pada hakekatnya ada 2 model pengambilan keputusan, yaitu:
  • Model Preskriptif Pemberian resep perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.
  • Model Deskriptif Model ini menerangkan bagaimana kelompok mengambil keputusan tertentu. Model preskriptif berdasarkan pada proses yang ideal sedangkan model deskriptif berdasarkan pada realitas observasi
Disamping model-model diatas (model linier) terdapat pula model Spiral dimana satu anggota mengemukakan konsep dan anggota lain mengadakan reaksi setuju tidak setuju kemudian dikembangkan lebih lanjut atau dilakukan “revisi” dan seterusnya.

Teknik-teknik Pengambilan Keputusan
  1. a.       Teknik Kreatif
  • Brainstorming Berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
  •  Synectics Didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk meningktakan keluaran (output) kreatif individual dan kelompok
b.      Teknik Partisipatif
Individu individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
-          Teknik Modern:
·         Teknik Delphi
·         Teknik Kelompok Nominal
Tahapan Pengambilan Keputusan
Simon (1960) memperkenalkan empat aktivitas dalam proses pengambilan keputusan :
-          Intelligence : Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan.
-          Design : Tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif2 pemecahan masalah.
-          Choice : Tahap memilih dari solusi dari alternatif2 yg disediakan.
-          Implementation : Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.


Tipe – Tipe Proses Pengambilan Keputusan 

Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan, yakni:
1.      Pengenalan masalah (problem recognition).
Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
2.      Pencarian informasi (information source).
Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi. Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).

3.      Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation).
Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

4.      Keputusan pembelian (purchase decision).
Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian. Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

5.      Evaluasi pasca pembelian (post-purchase evaluation).
merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya. Dalam hal ini, terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan puas jika produk tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan akan merek produk tersebut di masa depan. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen di masa depan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah

Konsumen menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1.      Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan
2.      Tersedia waktu yang memadai untuk pertimbangan yang mendalam untuk membeli produk.
3.      Terdapat tingkat keterlibatan (relevansi pribadi) yang tinggi yang menyertai pembelian.
Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1.      Motivasi (motivation) : Suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk  mencapai tujuan tertentu
2.      Persepsi (perception): Hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut. 
3.      (attitude formation): Penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan idak suka seseorang akan suatu hal.
4.      Integrasi (integration):  Kesatuan antara sikap dan tindakan.Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak  membeli produk tersebut.
5.      Pembelajaran (learning): Proses belajar yang dilakukan seseorang setelah membeli produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut memiliki kegunaan dan akan dijadikan sebagai alternatif dalam pembelian selanjutnya

Pembelian

Struktur Keputusan Membeli Struktur keputusan membeli penting,karena sesudah menetukan kebutuhan dan mempunyai keinginan akan produk tertentu, konsumen diharapkan untuk memunculkan keputusan untuk membeli. Ada tujuh struktur keputusan membeli yang mempengaruhi konsumen

1. Keputusan tentang jenis produk: Konsumen dapat memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk X atau tujuan lain selain melakukan pembelian. Para pemasar harus memusatkan perhatian pada konsumen yang diharapkan memutuskan untuk untuk membeli produk X dari alternatif lain yang mereka pertimbangkan uangnya untuk membeli komputer atau keperluan lain (membeli kamera, pakaian, dan buku)

2. Keputusan tentang jenis produk: Konsumen memutuskan untuk membeli produk X dengan bentuk tertentu (ukuran, mutu, corak,dan sebagainya). Perusahaan harus menggunakan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen (untuk memaksimumkan daya tarik merk produk X, misalnya mahasiswa tersebut menentukan karakteristik dari komputer yang diinginkan yaitu laptop, Pentium 120, kemampuan memproses cepat, fasilitas lengkap (baterai, CD drive, mouse)

3. Keputusan tentang merek: Konsumen memutuskan merk yang akan diambil. Perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk. Misalnya berdasarkan informasi yang dihimpun, mahasiswa tersebut memilih untuk mendapatkan komputer merk acer.

4. Keputusan tentang penjualan: Konsumen memutuskan dimana akan membeli (toko serba ada, elektronik, toko khusus dan lain-lain, perusahaan ( termasuk pedagang besar, pengecer) Harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjual tertentu. Misalnya mahasiswa tersebut mempunyai pilihan membeli di toko elektronik, toko khusus komputer atau agen tertentu. Disamping pertimbangan harga, ia mempertimbangkan pula layanan yang didapat baik pada waktu membeli layanan purna jual.

5. Keputusan tentang jumlah produk: Konsumen memutuskan jumlah produk yang akan dibeli. Perusahaan harus mempertimbangkan banyaknya produk tersedia untuk konsumen sesuai keinginan konsumen yang berbeda-beda.

6. Keputusan tentang waktu pembelin: Konsumen memutuskan kapan harus membeli (kapan uang/kesempatan tersedia). Perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam penentuan waktu pembelian, yang juga mempengaruhi perusahaan dalam mengatur waktu produksi, pemesanan, periklanan dan sebagainya.

7. Keputusan tentang cara pembayaran: Konsumen memutuskan mode pembelanjaan yang disukainya, perusahaan harus mengetahui hal ini yang akan mempengaruhi dalam penawaran pembayaran (discount untuk tunai, kemudahan kredit, bunga rendah, dan lain-lain).
  

Diagnosa Perilaku Konsumen
  
Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal,yaitu:
  1.  Untuk  merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan
    saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli.
  2.  Perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan
    publik.Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan
    transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket
    transportasi di hari raya tersebut.
  3.   Pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
  • Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
  • Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.   
  • Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan perilaku konsumen. Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen serta strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.


REFERENSI:


Sabtu, 05 Oktober 2013

TUGAS 2 PERILAKU KONSUMEN#

NAMA : Echa Saefulloh H
NPM : 12211305
KELAS : 3EA26



Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

1.      Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah tindakan membagi-bagi pasar kedalam kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin mengungkapkan peluang segmentasi terbaik. Variable segmentasi utama untuk pemasaran produk konsumen adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku, dan manfaat.
segmentasi pasar ini merupaka suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Jadi, perusahaan yang berorientasi pada konsumen akan membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen tertentu yang masing-masing segmen bersifat homogen.homogentis tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, dan tujuan pembelian dari masing-masing segmen.

Segmentasi demografi adalah cara segmentasi yang paling popular sebagai dasar untuk membagi kelompok pelanggan. Pada umumnya pelanggan memiliki keterkaitan erat dengan variable-variable demografi seperti pendapatan dan usia. Juga untuk alasan praktis, sering ada lebih banyak data yang tesedia untuk membantu dengan proses segmentasi demografis. Segmentasi demografi terdiri membagi pasar ke dalam kelompok berdasarkan pada variable-variable seperti umur, tahap siklus hidup, gender, penghasilan, kelas sosial, gaya hidup.
Data demografi dapat digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial, dan menentukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk atau jasa, bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembeli mereka. (Putri,2007)

Data ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasi target pasar bagi barang dan jasa mereka. Demografi umumnya digunakan untuk memberitahukan siapa pelanggan apa, dunaba lokasi mereka, apa gender mereka dan bagaimana anda ingin produk anda di beli mereka



a.     Segmentasi pasar dan kepuasan konsumen
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari para konsumennya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
·         Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian  suatu produk.
Contoh : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
·         Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat             tidak berwujud.
Contoh  : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah

b.    Segmentasi dan profitabilitas

1.      Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.

2.      Fokus Pada “ Core Business ” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.

3.     Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan 
     Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.

4.      Pertajam Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

5.      Kompensasi Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.

c.      Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran

Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen. 
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu :
·         Produk
·         promosi 
·         bukti fisik 
·         komunitas 
·         proses 
·         harga. 
Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.


Contoh segmentasi perusahaan
Segmentasi pasar pada PT. ASTRA HONDA MOTOR(AHM)
Strategi perusahaan terkit produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
o   Memilih konsumen yang di tuju
o   Identifikasi keinginan konsumen
o   Menentukn marekting mix

Sedangkan unsur strategi persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :
·         Strategi segmentasi pasar
·         Targeting
·         Positioning

Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi tersebut akan di bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di analisa adalah terkait dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk AHM.

                   I.      Target Market
AHM mempunyai target penjualan pada seluruh lapisan masyarakat. Secara umum produk yang diciptakan sesuai dengan kelompok atau segmentasi terkait. Dalam hal ini yang saya ketahui adalah dengan adanya jenis sepeda motor tipe Bebek, Tipe Sport dan Tipe Skutik. Masing masing tipe tersebut mempunyai segmentasi pasar masing – masing dan dengan varian masing – masing. Sebagai contoh pembahasan saya sebelumnya adalah segmentasi, targeting dan positioning Honda tipe Skutik jenis Beat, adalah diminati kaum muda dan umunya perempuan.
Sebagai contoh saja uraian target market adalah pada pembahasan segmentasi, targeting dan positioning salah satu produk AHM yaitu Honda Beat.

Dari uraian kami sebelumnya mungkin bisa mewakili secara implisit bagaimana strategi pemasaran Honda di Indonesia.


Strategi Honda Beat

Segmentasi
Implementasi:
1.      Honda Beat adalah tipe kendaraan pada segmen tipe skuter otomatic
2.      Honda Beat juga berada pada segmen Low AT dengan harga + 12,5 Juta
3.      Segmentasi pasarnya adalah untuk kalangan remaja dan kaum muda
(khususnya pelajar SMU dan Mahasiswa)
4.      Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan rasa nyaman, praktis, 
      style yang trendi dan modern
5.      Honda beat adalah tipe kendaraan pada segmen 110 CC
6.      Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah
(di kota cenderung pakai velg racing, di daerah cenderung velg jari - jari)

Targeting
Implementasi
1.      Tahun 2012 ditargetkan mampu menjual 1.350.000 unit
2.      Target pemasaran adalah untuk remaja dan kaum muda
3.      Target pemasaran baik di kota maupun di desa diupayakan tetap maximal

Positioning
Implementasi:
1.      Honda secara umum telah memiliki Brand Produk tersendiri di masyarakat 
      (karena salah satu produk yang pertama muncul di Indonesia)
2.      Honda memiliki slogan "One Heart"
3.      Honda beat dikembangkan dengan keunggulan "Irit, Karbu dan Terjangkau"  
      (dengan slogan iklan adalah "Can't Stop The New Beat")
4.      Honda beat sering mengadakan promosi ke segmen pelajar 
      (tema “Nge-BeAT Bareng Hai Skulizm”)
5.      Dengan harga yang berkisar 12,5 On The Road, menempatkan Honda Beat 
      Sebagai kendaraan yang cukup murah dan berkualitas
6.      Honda Beat memberikan beberapa pilihan seperti : Hard Rock Black,  Electro Red, 
      Techno White, Groovy Blue dan Disco Green
7.      Honda Beat mempunyai fitur unggulan yaitu : parking brake lock dan side stand switch


                   I.      Marketing Mix

Dalam marketing mix perusahaan harus menetapkan bagaimana cara untuk mensinergikan antara produk, harga, tempat dan promosi. Bahkan lebih spesifik bahwa perusahaan harus mampu mengalokasikan anggaran ke berbagai alat pemasaran yang dimiliki Basu Swastha dan Irawan (2005). Berikut dapat saya uraikan masing masing analisa bagian Marekting Mix sebagai berikut :

Analisa Produk

Produk berupa barang dan jasa sampai saat ini sethu saya yang dikeluarkan oleh  AHM adalah:
o   Sepeda Motor merk Honda
o   Bengkel resmi sepeda motor merk Honda.
o   Suku cadang (spare part) sepeda motor merk Astra Honda.
o   Motor Bekas / Second

Adapun  gambaran  umum  produk  barang  dan  jasa  adalah  sebagai berikut:
  1.   Sepeda motor merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit misalnya melalui FIF atau Adira atau jasa pembiyayaan lain. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda Tiger, Honda Cbr, untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
  2. Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda Motor Honda menyebar di seluruh wilayah. Dengan  peralatan terbilang baik dan memadai, perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai yang sejauh ini saya lihat cukup baik. Pelayanan  jasa itu sangat  penting,  keramahan  dan  kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
  3.  Suku cadang (Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan Astra Motor. Walaupun harga relatif mahal tetai kualitas tidak diragukan lagi.
  4.   Adapun motor bekas/motor Second yang diperdagangkan adalah motor yang   tidak   dapat   lagi   dibayarkan   iuran   bulanan   oleh   konsumen   yang melakukan pembelian secara kredit  atau dengan kata lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali oleh pihak dealer dan nantinya direkondisi yang kemudian akan di jual kembali sebagai motor second.

Analisa Promosi (Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk mempermudah, dapat saya kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan sponsor, dengan uraian sebagai berikut :

Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda. Biasanya disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat philip kotler (2005) yang menyebutkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi, barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan periklanan  yang dilakukan oleh AHM  dengan berbagai macam cara di antaranya melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing. Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk honda sesuai dengan segmentasinya.

Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga dan lain sebagainya.  Dalam hal ini yang berperan adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong (2001) yang menyebutkan public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu perangkat atau alat yang digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.

Analisa Harga (Price)
Harga untuk tarif  produk  dan  jasa  yang  di  berikan  dan yang di  sosialisasikan sangat   menentukan   keberhasilan   pemasaran,   jika   harga   tarif   rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa, maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda. Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih Honda sebagai prioritas.
Yang paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau. Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu – satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.

Distribusi
Seperti uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda Motor  memiliki 3.800 layanan service atau bengkel AHASS, serta   6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM


REFERENSI: