Senin, 07 November 2011

Sop Iga Betawi

Sumber gbr: http://www.google.com/
 
Sop iga Betawi merupakan makanan khas yang berasal dari budaya Betawi. Akan tetapi sop ini tidak sepenuhnya berasal dari  Betawi . Hanya saja sop ini terlahir atau terciptakan di masyarakat Betawi saja . dan unsur atau pengaruh terciptanya sop ini terpengaruh juga oleh unsur dari budaya luar Yaitu budaya Belanda. Sejarah lahirnya sop iga ini ialah pada saat penjajahan Belanda. Pada masa itu, masyarakat Betawi hanya mampu membeli tangkar, buntut dan kaki sapi yang hanya berdaging sedikit kemudian di olah menjadian sajian yang enak yaitu sop iga.Dan kaki sapi yang berdaging sedikit itulah yang menjadi bahan utama dalam pembuatan sop iga ini. Dan inilah sedikit resep atau bahan apa saja yang ada pada sop iga.Bahan-bahan  yang tercampur dalam hidangan sop iga sapi yaitu berupa,tomat yang di potong tidak terlalu tebal, kentang dan wortel yang di potong agak tebal agar tidak mudah hancur pada saat tercampur dengan tulang-tulang iga. ada dading sapi juga. Dan menurut yang saya di baca di resep-resep masakan. Bahan-bahan yang terkandung dalam kuah kaldu sop iga antaralain: batang daun bawang, air, butir kapulaga, bunga peka, buah cengkeh, pala yang di keprek, kayu manis, jahe yang juga di keprek, margarine untuk menumis, Maggie kaldu blok, dan garam. Dan bahan bumbu halusnya berupa bawang merah dan bawang putih. Itu lah kandungan bahan-bahan  yang tercampur menjadi satu pada kuah kaldu sop iga. Dan sebagai bahan pelengkapnya yaitu berupa, kerupuk emping, bawang goreng, irisan daun seledri, dan air jeruk nipis dan bagi yang menyukai pedas bisa juga menambakan sambal sebagai bahan pelengkap. Dan biasanya hidangan sop iga ini adalah hidangan yang di sajikan dengan nasi.
Dari segi rasa dan aroma sop iga yang selalu di sajikan hangat-hangat ini bisa di simpulkan, dari taburan daun bawang, daun seledri, dan bawang gorengnya, bikin aroma kaldu yang bercampur dengan daun-daunan itu menggoda. Kuah kaldunya bening kecokelatan, rasanya gurih enak dengan aroma rempah yang cukup terasa namun tidak dominan.Potongan daging sapi wortel dan kentang cukup banyak, tulang iganya hanya beberapa dengan daging yang menempel tak kalah banyak. Tekstur dagingnya lembut mudah sekali copot dari tulangnya. Bumbunya meresap sempurna ke bagian dalam dagingnya.
Dari segi kesehatan yang saya ketahui, sop iga sapi ini boleh di konsumsi oleh siapa saja termasuk anak-anak orang dewasa dan orang tua. Akan tetapi boleh di konsumsi hanya sekali-kali. Dan di anjurkan bagi penderita kolestrol tinggi untuk berhati-hati terhadap makanan ini. Karena di dalam makanan ini mengandung banyak lemak(menurut yang saya ketahui)

sumber referensi: http://www.google.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar