Rabu, 01 Mei 2013

Kebijakan Untuk Memenangkan Globalisasi

Kebijakan Untuk Memenangkan Globalisasi

Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.


Masyarakat Indonesia, dalam era globalisasi ini tidak dapat menghindar dari arus derasnya kompleksitas perubahan (Inovasi) sebagai akibat canggihnya teknologi informasi, telekomunikasi , tatanan ekonomi dunia yang mengarah pada pasar bebas,serta tingkat efisiensi dan kompetitif yang tinggi di berbagai bidang kehidupan. Suka/ tidak suka, mau/tidak bangsa Indonesia harus mengikutinya jika tidak akan ketinggalan dan mungkin disebut Negara “primitif”


Menurut saya kebijakan untuk dapat memenangkan globalisasi dengan cara pengembangan dalam beberapa bidang, yaitu :



Mengembangkan pendidikan dan IPTEK yang lebih baik, dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran untuk dapat mencerdaskan anak bangsa yang berupa bibit muda sebagai generasi penerus. Dengan kualitas yang bagus akan membuat anak-anak pintar dan cerdas, ide-ide cemerlang mereka juga akan dapat membantu negara kita untuk lebih kompetitif secara pemikiran. Sedangkan dengan iptek, pemerintah harus berani memfasilitasi teknologi terbaik dan support pengembangan teknologi untuk pembelajaran para pelajar agar terus berfikir. Dengan mengadakan event-event atau perlombaan untuk bidang teknologi akan membantu anak-anak untuk giat berusaha menciptakan teknologi yang lebih baru dan lebih baik lagi.


Mengembangkan perekonomian yangberorientasi global sesuai kemajuanteknologi dengan membangunkeunggulan yang kompetitif denganmembuat produk unggulan di setiapdaerah terutama pertanian, kehutanan,kelautan, pertambangan, pariwisata, jugaindustri kecil dan kerajinan rakyat. Selain itu juga bisa melakukan pengembangankebijakan industri, perdagangan daninvestasi dalam rangka meningkatkanPersaingan global dengan membukaaksesibilitas yang sama terhadapkesempatan kerja dan berusaha bagisegenap rakyat, dan seluruh daerahmelalui keunggulan kompetitif terutamaberbasis keunggulan sumber dayamanusia dengan menghapus segalabentuk perlakuan diskriminatif danhambatan.


Jadi, bukan tidak mungkin kita dapat bersaing secara kompetitif dan menciptakan produk-produk lokal unggulan untuk bersaing secara global. Dengan begitu kita akan membantu negara untuk menjadi negara yang lebih baik lagi.


Sumber:
www.id.wikipedia.org
www.marthabelawatitarihoran.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar