Sabtu, 05 Oktober 2013

TUGAS 1 PERILAKU KONSUMEN#

NAMA : Echa Saefulloh H
NPM : 12211305
KELAS : 3EA26



1. Perilaku Konsumen dan Cakupannya

Banyak pengertian perilaku konsumen yang di kemukan oleh para ahli, salah satunya yang di definisikan oleh Engel dan kawan-kawan (1994) yang mengatakan bahwa Perilaku Konsumen didefinisikan sebagai suatu tindakan langsung dalam mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan penyusuli tindakan tersebut.

Selanjutnya dapat dijelaskan bahwa perilaku konsumen tadi terbagi dua bagian, yang pertama adalah perilaku yang tampak, variable-variable yang termasuk kedalamnya adala jumlah pembelian, waktu, karena siapa, dengan siapa dan bagaimana konsumen melakukan pembelian. Yang kedua adalah Perilaku yang tak tampak, variable-variablenya antara lain persepsi, ingatan terhadap informasi dan perasaan kepemilikan konsumen

Terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu faktor sosial budaya yang terdiri atas kebudayaan, yaitu faktor sosial budaya yang terdiri atas kebudayaan, budaya khusus, kelas sosial, kelompok sosial dan referensi serta keluarga. Faktor lain adalah faktor psikologis yang terdiri atas motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap. Selanjutnya perilaku konsumen yang tadi sangat menentukan dalamp proses pengambilan keputusan membali yang tahapnya dimulai dari pengenalan masalah yaitu berupa desakan yang membangkitkan tindakan untuk memenuhu dan memuaskan kebutuhannya. Selanjutnya tahap mencari informasi tentaqng produk dan jasa yang di butuhkan yang di lanjutkan dengan tahap evaluasi alternative berupa penyeleksian. Tahap selanjutnya adalah tahap keputusan pembelian dan diakhiri dengan perilaku sesudah pembelian di mana membeli lagi atau tidak tergantung dari tingkat kepuasa yang didapat dari produk atau jasa tersebut. 

2. Siapa sebenarnya yang di maksud dengan konsumen? dan apa yang menjadi ciri-ciri konsumen.

Siapa yang di maksud dengan konsumen tentunya adalah manusia, jadi konsumen adalah manusia yang menggunakan barang atau jasa yang barang atau jasa itu digunakan untuk alat pemuas kebutuhan bagi dirinya maupun orang lain.

Dan  yang menjadi ciri-ciri konsumen ialah :
2 wujud Konsumen
  1.  Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untukpenggunaannya sendiri.
  2.  Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Production concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.

Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
3. Memperjelas kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
  • Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
  • Pendekatan ke dua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi, kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
  •  Pendekatan ke tiga disebut sebagai sains pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.
Referensi :
Books of “ Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen  By Drs, Husein Umar, S.E., M.M,. MBA Copyright 2000, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Jl. Palmerah Barat 33-37, Jakarta 10270

Tidak ada komentar:

Posting Komentar