Sabtu, 05 Oktober 2013

TUGAS 2 PERILAKU KONSUMEN#

NAMA : Echa Saefulloh H
NPM : 12211305
KELAS : 3EA26



Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

1.      Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah tindakan membagi-bagi pasar kedalam kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin mengungkapkan peluang segmentasi terbaik. Variable segmentasi utama untuk pemasaran produk konsumen adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku, dan manfaat.
segmentasi pasar ini merupaka suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Jadi, perusahaan yang berorientasi pada konsumen akan membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen tertentu yang masing-masing segmen bersifat homogen.homogentis tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, dan tujuan pembelian dari masing-masing segmen.

Segmentasi demografi adalah cara segmentasi yang paling popular sebagai dasar untuk membagi kelompok pelanggan. Pada umumnya pelanggan memiliki keterkaitan erat dengan variable-variable demografi seperti pendapatan dan usia. Juga untuk alasan praktis, sering ada lebih banyak data yang tesedia untuk membantu dengan proses segmentasi demografis. Segmentasi demografi terdiri membagi pasar ke dalam kelompok berdasarkan pada variable-variable seperti umur, tahap siklus hidup, gender, penghasilan, kelas sosial, gaya hidup.
Data demografi dapat digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial, dan menentukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk atau jasa, bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembeli mereka. (Putri,2007)

Data ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasi target pasar bagi barang dan jasa mereka. Demografi umumnya digunakan untuk memberitahukan siapa pelanggan apa, dunaba lokasi mereka, apa gender mereka dan bagaimana anda ingin produk anda di beli mereka



a.     Segmentasi pasar dan kepuasan konsumen
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari para konsumennya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
·         Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian  suatu produk.
Contoh : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
·         Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat             tidak berwujud.
Contoh  : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah

b.    Segmentasi dan profitabilitas

1.      Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.

2.      Fokus Pada “ Core Business ” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.

3.     Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan 
     Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.

4.      Pertajam Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

5.      Kompensasi Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.

c.      Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran

Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen. 
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu :
·         Produk
·         promosi 
·         bukti fisik 
·         komunitas 
·         proses 
·         harga. 
Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.


Contoh segmentasi perusahaan
Segmentasi pasar pada PT. ASTRA HONDA MOTOR(AHM)
Strategi perusahaan terkit produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
o   Memilih konsumen yang di tuju
o   Identifikasi keinginan konsumen
o   Menentukn marekting mix

Sedangkan unsur strategi persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :
·         Strategi segmentasi pasar
·         Targeting
·         Positioning

Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi tersebut akan di bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di analisa adalah terkait dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk AHM.

                   I.      Target Market
AHM mempunyai target penjualan pada seluruh lapisan masyarakat. Secara umum produk yang diciptakan sesuai dengan kelompok atau segmentasi terkait. Dalam hal ini yang saya ketahui adalah dengan adanya jenis sepeda motor tipe Bebek, Tipe Sport dan Tipe Skutik. Masing masing tipe tersebut mempunyai segmentasi pasar masing – masing dan dengan varian masing – masing. Sebagai contoh pembahasan saya sebelumnya adalah segmentasi, targeting dan positioning Honda tipe Skutik jenis Beat, adalah diminati kaum muda dan umunya perempuan.
Sebagai contoh saja uraian target market adalah pada pembahasan segmentasi, targeting dan positioning salah satu produk AHM yaitu Honda Beat.

Dari uraian kami sebelumnya mungkin bisa mewakili secara implisit bagaimana strategi pemasaran Honda di Indonesia.


Strategi Honda Beat

Segmentasi
Implementasi:
1.      Honda Beat adalah tipe kendaraan pada segmen tipe skuter otomatic
2.      Honda Beat juga berada pada segmen Low AT dengan harga + 12,5 Juta
3.      Segmentasi pasarnya adalah untuk kalangan remaja dan kaum muda
(khususnya pelajar SMU dan Mahasiswa)
4.      Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan rasa nyaman, praktis, 
      style yang trendi dan modern
5.      Honda beat adalah tipe kendaraan pada segmen 110 CC
6.      Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah
(di kota cenderung pakai velg racing, di daerah cenderung velg jari - jari)

Targeting
Implementasi
1.      Tahun 2012 ditargetkan mampu menjual 1.350.000 unit
2.      Target pemasaran adalah untuk remaja dan kaum muda
3.      Target pemasaran baik di kota maupun di desa diupayakan tetap maximal

Positioning
Implementasi:
1.      Honda secara umum telah memiliki Brand Produk tersendiri di masyarakat 
      (karena salah satu produk yang pertama muncul di Indonesia)
2.      Honda memiliki slogan "One Heart"
3.      Honda beat dikembangkan dengan keunggulan "Irit, Karbu dan Terjangkau"  
      (dengan slogan iklan adalah "Can't Stop The New Beat")
4.      Honda beat sering mengadakan promosi ke segmen pelajar 
      (tema “Nge-BeAT Bareng Hai Skulizm”)
5.      Dengan harga yang berkisar 12,5 On The Road, menempatkan Honda Beat 
      Sebagai kendaraan yang cukup murah dan berkualitas
6.      Honda Beat memberikan beberapa pilihan seperti : Hard Rock Black,  Electro Red, 
      Techno White, Groovy Blue dan Disco Green
7.      Honda Beat mempunyai fitur unggulan yaitu : parking brake lock dan side stand switch


                   I.      Marketing Mix

Dalam marketing mix perusahaan harus menetapkan bagaimana cara untuk mensinergikan antara produk, harga, tempat dan promosi. Bahkan lebih spesifik bahwa perusahaan harus mampu mengalokasikan anggaran ke berbagai alat pemasaran yang dimiliki Basu Swastha dan Irawan (2005). Berikut dapat saya uraikan masing masing analisa bagian Marekting Mix sebagai berikut :

Analisa Produk

Produk berupa barang dan jasa sampai saat ini sethu saya yang dikeluarkan oleh  AHM adalah:
o   Sepeda Motor merk Honda
o   Bengkel resmi sepeda motor merk Honda.
o   Suku cadang (spare part) sepeda motor merk Astra Honda.
o   Motor Bekas / Second

Adapun  gambaran  umum  produk  barang  dan  jasa  adalah  sebagai berikut:
  1.   Sepeda motor merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit misalnya melalui FIF atau Adira atau jasa pembiyayaan lain. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda Tiger, Honda Cbr, untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
  2. Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda Motor Honda menyebar di seluruh wilayah. Dengan  peralatan terbilang baik dan memadai, perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai yang sejauh ini saya lihat cukup baik. Pelayanan  jasa itu sangat  penting,  keramahan  dan  kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
  3.  Suku cadang (Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan Astra Motor. Walaupun harga relatif mahal tetai kualitas tidak diragukan lagi.
  4.   Adapun motor bekas/motor Second yang diperdagangkan adalah motor yang   tidak   dapat   lagi   dibayarkan   iuran   bulanan   oleh   konsumen   yang melakukan pembelian secara kredit  atau dengan kata lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali oleh pihak dealer dan nantinya direkondisi yang kemudian akan di jual kembali sebagai motor second.

Analisa Promosi (Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk mempermudah, dapat saya kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan sponsor, dengan uraian sebagai berikut :

Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda. Biasanya disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat philip kotler (2005) yang menyebutkan bahwa iklan adalah bentuk komunikasi non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi, barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan periklanan  yang dilakukan oleh AHM  dengan berbagai macam cara di antaranya melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing. Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk honda sesuai dengan segmentasinya.

Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga dan lain sebagainya.  Dalam hal ini yang berperan adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong (2001) yang menyebutkan public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu perangkat atau alat yang digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.

Analisa Harga (Price)
Harga untuk tarif  produk  dan  jasa  yang  di  berikan  dan yang di  sosialisasikan sangat   menentukan   keberhasilan   pemasaran,   jika   harga   tarif   rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa, maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda. Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih Honda sebagai prioritas.
Yang paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau. Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu – satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.

Distribusi
Seperti uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda Motor  memiliki 3.800 layanan service atau bengkel AHASS, serta   6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM


REFERENSI:
 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar