NPM : 12211305
KELAS : 3EA26
Segmentasi Pasar
dan Analisis Demografi
1.
Segmentasi
pasar
Segmentasi
pasar adalah tindakan membagi-bagi pasar kedalam kelompok pembeli yang berbeda
yang mungkin mengungkapkan peluang segmentasi terbaik. Variable segmentasi
utama untuk pemasaran produk konsumen adalah geografi, demografi, psikografi,
perilaku, dan manfaat.
segmentasi pasar ini merupaka suatu
falsafah yang berorientasi pada konsumen. Jadi, perusahaan yang berorientasi
pada konsumen akan membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen tertentu yang
masing-masing segmen bersifat homogen.homogentis tersebut disebabkan oleh
adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan
pemakai, motif pembelian, dan tujuan pembelian dari masing-masing segmen.
Segmentasi demografi adalah cara
segmentasi yang paling popular sebagai dasar untuk membagi kelompok pelanggan. Pada
umumnya pelanggan memiliki keterkaitan erat dengan variable-variable demografi
seperti pendapatan dan usia. Juga untuk alasan praktis, sering ada lebih banyak
data yang tesedia untuk membantu dengan proses segmentasi demografis. Segmentasi
demografi terdiri membagi pasar ke dalam kelompok berdasarkan pada
variable-variable seperti umur, tahap siklus hidup, gender, penghasilan, kelas
sosial, gaya hidup.
Data demografi dapat digunakan untuk
mengidentifikasi karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan
potensial, dan menentukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini
dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk atau jasa, bagaimana
mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembeli mereka. (Putri,2007)
Data
ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasi target pasar bagi
barang dan jasa mereka. Demografi umumnya digunakan untuk memberitahukan siapa
pelanggan apa, dunaba lokasi mereka, apa gender mereka dan bagaimana anda ingin
produk anda di beli mereka
a.
Segmentasi pasar
dan kepuasan konsumen
Menurut
Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil
yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang
sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin di
dapat setiap perusahaan dari para konsumennya.
Macam-macam
atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan
konsumen terbagi menjadi 2 :
·
Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan
yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian
suatu produk.
Contoh : karena makan membuat perut kita
menjadi kenyang.
·
Kepuasan Psikologikal, merupakan
kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud.
Contoh : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang
sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah
b.
Segmentasi
dan profitabilitas
1. Tingkatkan
Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan
menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi.
Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin
tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi
Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.
2. Fokus
Pada “ Core Business ” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa
sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan
pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah
Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu
Anda.
3. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.
4. Pertajam
Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan
organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula
kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang
lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas
bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola
organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi
tingkat profitabilitas perusahaan Anda.
5. Kompensasi
Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda
membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka
berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa
dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang
terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem
ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan
merefleksikan kinerja.
c.
Penggunaan segmentasi
dalam strategi pemasaran
Faktor
penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran
untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti
membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok
(misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian
memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila
menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang
akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel
segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku
terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling
mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan
dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Dengan
kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini
diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang
tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari
kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang
signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu :
·
Produk
·
promosi
·
bukti fisik
·
komunitas
·
proses
·
harga.
Dua
yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95%
tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen
mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
Contoh
segmentasi perusahaan
Segmentasi pasar pada PT. ASTRA HONDA MOTOR(AHM)
Segmentasi pasar pada PT. ASTRA HONDA MOTOR(AHM)
Strategi perusahaan terkit produk biasanya berbeda –
beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan
segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha
yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu
perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau
dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu
Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
o
Memilih konsumen yang di tuju
o
Identifikasi keinginan konsumen
o
Menentukn marekting mix
Sedangkan unsur
strategi persaingan menurut Freddy
Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :
·
Strategi segmentasi pasar
·
Targeting
·
Positioning
Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi
tersebut akan di bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di
analisa adalah terkait dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk AHM.
I.
Target Market
AHM mempunyai target penjualan pada seluruh lapisan
masyarakat. Secara
umum produk
yang diciptakan sesuai dengan kelompok atau segmentasi terkait. Dalam hal ini
yang saya ketahui adalah dengan adanya jenis sepeda motor tipe Bebek, Tipe
Sport dan Tipe Skutik. Masing masing tipe tersebut mempunyai segmentasi pasar
masing – masing dan dengan varian masing – masing. Sebagai contoh pembahasan
saya sebelumnya adalah segmentasi, targeting dan positioning Honda tipe Skutik jenis Beat, adalah
diminati kaum muda dan umunya perempuan.
Sebagai contoh
saja uraian target market adalah pada pembahasan segmentasi,
targeting dan positioning salah satu produk AHM yaitu Honda Beat.
Dari uraian
kami sebelumnya mungkin bisa mewakili secara implisit bagaimana strategi
pemasaran Honda di Indonesia.
Strategi Honda Beat
Segmentasi
Implementasi:
1.
Honda Beat adalah tipe kendaraan pada segmen tipe
skuter otomatic
2.
Honda Beat juga berada pada segmen Low AT dengan harga +
12,5 Juta
3.
Segmentasi
pasarnya adalah untuk kalangan remaja dan kaum muda
(khususnya pelajar SMU dan Mahasiswa)
4.
Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan rasa nyaman, praktis,
style yang trendi dan modern
5.
Honda
beat adalah tipe kendaraan pada segmen 110 CC
6.
Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah
(di kota cenderung pakai velg racing,
di daerah cenderung velg jari - jari)
Targeting
Implementasi
1.
Tahun 2012 ditargetkan mampu menjual 1.350.000 unit
2.
Target pemasaran
adalah untuk remaja dan kaum muda
3.
Target
pemasaran baik di kota maupun di desa diupayakan tetap maximal
Positioning
Implementasi:
1.
Honda
secara umum telah memiliki Brand Produk tersendiri di masyarakat
(karena salah
satu produk yang pertama muncul di Indonesia)
2.
Honda
memiliki slogan "One Heart"
3.
Honda beat dikembangkan dengan keunggulan "Irit,
Karbu dan Terjangkau"
(dengan slogan iklan adalah
"Can't Stop The New Beat")
4.
Honda beat sering mengadakan promosi ke segmen pelajar
(tema “Nge-BeAT Bareng Hai
Skulizm”)
5.
Dengan
harga yang berkisar 12,5 On The Road, menempatkan Honda Beat
Sebagai
kendaraan yang cukup murah dan berkualitas
6.
Honda Beat memberikan beberapa pilihan seperti : Hard
Rock Black, Electro Red,
Techno White, Groovy Blue dan Disco Green
7.
Honda Beat mempunyai fitur unggulan yaitu : parking
brake lock dan side stand
switch
|
I.
Marketing Mix
Dalam marketing mix perusahaan harus menetapkan bagaimana
cara untuk mensinergikan antara produk, harga, tempat dan promosi. Bahkan lebih
spesifik bahwa perusahaan harus mampu mengalokasikan anggaran ke berbagai alat
pemasaran yang dimiliki Basu Swastha dan
Irawan (2005). Berikut dapat saya uraikan masing masing analisa bagian Marekting
Mix sebagai berikut :
Analisa Produk
Produk berupa barang dan jasa sampai saat ini sethu saya yang dikeluarkan oleh AHM adalah:
o
Sepeda Motor merk Honda
o
Bengkel resmi sepeda motor merk
Honda.
o
Suku
cadang (spare part) sepeda motor merk Astra Honda.
o
Motor Bekas / Second
Adapun
gambaran umum produk barang
dan jasa adalah
sebagai berikut:
- Sepeda motor merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit misalnya melalui FIF atau Adira atau jasa pembiyayaan lain. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda Tiger, Honda Cbr, untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
- Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda Motor Honda menyebar di seluruh wilayah. Dengan peralatan terbilang baik dan memadai, perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai yang sejauh ini saya lihat cukup baik. Pelayanan jasa itu sangat penting, keramahan dan kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
- Suku cadang (Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan Astra Motor. Walaupun harga relatif mahal tetai kualitas tidak diragukan lagi.
- Adapun motor bekas/motor Second yang diperdagangkan adalah motor yang tidak dapat lagi dibayarkan iuran bulanan oleh konsumen yang melakukan pembelian secara kredit atau dengan kata lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali oleh pihak dealer dan nantinya direkondisi yang kemudian akan di jual kembali sebagai motor second.
Analisa Promosi
(Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh AHM,
terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk mempermudah, dapat saya
kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan sponsor, dengan uraian
sebagai berikut :
Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang
didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda. Biasanya disusun
rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk
membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan
di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat philip kotler (2005) yang menyebutkan
bahwa iklan adalah bentuk komunikasi
non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi
melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi,
barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan
periklanan yang dilakukan oleh AHM dengan berbagai macam cara di antaranya
melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan
spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing
unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing.
Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk
honda sesuai dengan segmentasinya.
Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan oleh AHM bertujuan
untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas melalui berbagai
kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga dan lain
sebagainya. Dalam hal ini yang berperan
adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong (2001) yang menyebutkan public relation adalah
suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat,
mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang
dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk
mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu perangkat atau alat yang
digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.
Analisa Harga (Price)
Harga untuk tarif
produk dan jasa
yang di berikan
dan yang di sosialisasikan
sangat menentukan keberhasilan pemasaran,
jika harga tarif
rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa,
maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda.
Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi
apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih
Honda sebagai prioritas.
Yang paling
diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat.
Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau.
Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu –
satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan
meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci
keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.
Distribusi
Seperti uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda
Motor memiliki 3.800 layanan service atau bengkel AHASS,
serta 6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di seluruh
Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat di Jawa,
padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi
pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini mengacu
pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha
& Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam
distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem
penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM
telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini
terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM
REFERENSI:
http://www.scribd.com/doc/99075952/Analisis-Demografi-Sebagai-Salah-Satu http://arisnurdin.blogspot.com/2013/05/ulasanqu-perencanaan-dan-strategi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar